Gunung Guntur "Hilang" Tertutup Abu Vulkanik Kelud

Bukan hanya atap rumah, kendaraan, dan pepohonan yang diselimuti debu vulkanik hasil erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur, Gunung Guntur di Garut, Jawa Barat, juga ikut hilang dari pandangan, karena tertutup kabut abu vulkanik Kelud.

Padahal, biasanya, Gunung Guntur pada siang hari tampak terlihat jelas dari perkampungan di sekitar kaki Gunung Guntur. "Tertutup kabut debu Gunung Kelud," ujar Sopian (45) warga Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler Garut, Jumat, 14 Februari 2014.

Jalanan di sekitar kawasan perkotaan tampak sudah mulai diselimuti debu, sehingga sebagian warga pejalan kaki kini menggunakan masker. Karena, mulai mengganggu pernapasan.

Hingga saat ini, belum ada imbauan resmi dari Pemerintah Kabupaten Garut terkait antisipasi warga atas bahaya debu vulkanik. Selain terbang sampai Garut, abu vulkanik Kelud juga memenuhi udara Bandung.

Sementara itu, wilayah lain yang terkena dampak paling parah antara lain Yogyakarta, Solo, Semarang, dan kota-kota di sekitarnya.

Gunung Kelud memuntahkan material yang tertanam di perutnya Kamis pukul 22.50 WIB. Hujan debu dan kerikil melanda tiga kabupaten di kawasan itu, Blitar, Kediri, dan Malang.

Share this post :

Posting Komentar

Orang bijak akan menulis komentar yang baik

Kirim Tulisan

Kirimkan tulisan Anda ke SmileCodes dengan cara

KLIK DI SINI



melalui email dan akan langsung tampil di halaman paling depan setelah melalui tahap moderasi sekitar 1-24 jam kerja.

Terima Kasih
SmileCodes, Inc
 
Support : Papanya Ismah
Copyright © 2013. Smile Codes, Inc - All Rights Reserved
Jalan Teluk Pelabuhan Ratu no. 70B RT. 04 RW. 02
Kel. Arjosari Kec. Blimbing Kota Malang 65126