Abu Vulkanik Gunung Kelud Selimuti Atap Rumah Warga Bandung

TRIBUNNEWS.COM, SOREANG - Abu Vulkanik dari erupsi Gunung Kelud di Gresik, Jawa Timur mulai dirasakan di beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung. Sejak pukul 09.00 WIB abu tipis mulai menyelimuti perumahan warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Marlan mengatakan, beberapa kecamatan yang telah ditutupi abu tipis yaitu di Kecamatan Nagreg, Cikancung, Kertasari, Pangalengan dan Ibun. Warga banyak yang melaporkan jika di wilayahnya terdapat abu vulkanik yang diperkirakan berasal dari Gunung Kelud.

"Kebulan putih ini dirasakan warga. Banyak warga yang mengaku perih matanya. Genting, tembok dan kaca rumah warga juga diselimuti abu," kata Marlan, Jumat (14/2/2014).
Pihaknya meyakini jika abu tersebut berasal dari letusan Gunung Kelud. Pihaknya telah menurunkan beberapa personel untuk melakukan pengecekan, inventarisir, pemetaan wilayah dan kebutuhan.

"Koordinasi akan kita lakukan dengan Dinas Kesehatan. Seperti penyiapan masker jika keadaan semakin memburuk. Kami juga imbau, agar warga berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah," ujarnya.
Deden (40), warga Kampung Carik, Desa Padamulya, Kecamatan Majalaya menuturkan, sejak pukul 10.00 ia mulai melihat gundukan abu di genting rumahnya. Warga sekitar pun mulai ramai membicarakan abu letusan Gunung Kelud tersebut.
"Saya juga kaget lihat abunya sudah sampai sini. Warga juga ramai membicarakan dan melaporkan kepada aparatur pemerintahan di sini," ujar Deden.

Abu vulkanik pun sudah sampai wilayah Banjaran, Soreang dan Margahayu pada pukul 12.00 WIB. Ajat Sumpena (40), warga Desa Kiangroke, Kecamatan Banjaran mengatakan abu sudah sampai di wilayahnya.

Share this post :

Posting Komentar

Orang bijak akan menulis komentar yang baik

Kirim Tulisan

Kirimkan tulisan Anda ke SmileCodes dengan cara

KLIK DI SINI



melalui email dan akan langsung tampil di halaman paling depan setelah melalui tahap moderasi sekitar 1-24 jam kerja.

Terima Kasih
SmileCodes, Inc
 
Support : Papanya Ismah
Copyright © 2013. Smile Codes, Inc - All Rights Reserved
Jalan Teluk Pelabuhan Ratu no. 70B RT. 04 RW. 02
Kel. Arjosari Kec. Blimbing Kota Malang 65126