Tips Memilih Template BLOG yang Bagus

Sebelum membicarakan Tips Memilih Template Blog Pendukung SEO, berikut sekilas tentang Struktur Template Blogger dan SEO.
Google search engine, melalui GoogleBot dan penerjemahannya ke dalam indeks, melihat sebuah struktur website dalam hasil akhirnya, tanpa styling, tidak seperti browser yang kemudian membaca dan menerjemahkan CSS sehingga struktur HTML kemudian "dihias" dan "disusun" berdasarkan aturan CSS. Apapun platform web/blognya, secanggih apapun itu, hasil akhirnya adalah dalam bentuk HTML.
Susunan HTML dimulai dari atas dan menuju ke bawah, tidak ada samping kanan dan kiri meskipun bisa ditulis demikian (untuk menghindari white space dan memperkecil ukuran file). Demikian pulalah Google membacanya. Search engine mengabaikan javascript, CSS, frame, flash, dan sejenisnya.
<HTML>
<HEAD>
</HEAD>
<BODY>
[beberapa tag division, span, paragraph, dll yang membangun struktur dan isi halaman]
</BODY>
</HTML>

Semua informasi meta ada di dalam elemen head, dan ini sudah cukup jelas penggunaannya. Yang perlu diperhatikan adalah bagian yang ditampilkan sebagai halaman (tag body). Di dalam elemen body, terdapat berbagai tag HTML pembangun, misalnya division (div), span, dan paragraf (p).
Logika membacanya adalah dari atas ke bawah. Semakin ke bawah, semakin kecil nilai penting dan relevansi konten di dalam elemen tersebut. Urut-urutan elemen-elemen inilah yang menentukan nilai penting masing-masing elemen tersebut.
 

Tips Memilih Template Blog Pendukung SEO

Dari pembahasan ringkas di atas, dapat saya ambil beberapa poin sekaligus tips penting mengenai memilih struktur template yang mendukung SEO:1. Search engine mengukur nilai penting suatu konten berdasarkan posisi tag HTML-nya; semakin awal semakin besar nilainya. Hindari penggunaan template yang meletakkan sidebar di posisi paling awal sebelum kontainer post, karena yang terbaca terlebih dahulu adalah bagian tersebut. Perhatikan gambar berikut:
Secara sederhana, urutan tag HTML template A dan B pada sidebar dan post adalah:
Template A
Template B
<div class='sidebar'>
beberapa elemen widget
</div>
<div class='post-body'>
<data:post.body/>
</div>
<div class='sidebar1'>
beberapa elemen widget
</div>
<div class='post-body'>
<data:post.body/>
</div>
<div class='sidebar2'>
beberapa elemen widget
</div>


2. Sebagai alat navigasi, menu adalah elemen yang biasanya dibangun dan diletakkan di atas atau di bawah elemen header (biasanya dalam div), ini berarti menu memiliki nilai penting yang cukup signifikan. Bagi pengunjung, menu merupakan alat navigasi dan eksplorasi. Bagi search engine, menu merupakan alat rujukan menuju halaman terdalam lainnya, fungsinya untuk memperkuat deep linking. Apabila menu tersebut dibangun dengan menggunakan javascript murni atau flash, maka sudah barang tentu tidak akan terbaca oleh search engine.

Lihat apakah menu yang disisipkan ke dalam template berupa HTML atau javascript/flash, dan pertimbangkan penggunaan template tersebut. Jika perlu ganti dengan Menu HTML dan andalkan CSS untuk memberikan desain dan efek. Menu yang memiliki struktur baik juga akan memberikan kesempatan blog/web anda mendapatkan Google Sitelinks.

3. Selain menu, lihat apakah sebagian besar widget dan elemen tambahan lain yang menjadi satu paket dengan template di-generate menggunakan javascript. Apabila widget dan elemen tambahan lain merupakan bagian penting yang bersifat navigasional (seperti menu), hindari.

4. Meskipun footer links memiliki nilai dan relevansi paling rendah, karena posisinya paling bawah, namun dapat berefek buruk pada SEO apabila memuat link-link yang berbahaya dan spammy. Ada banyak template premium gratis yang mencantumkan link di footer. Apabila memuat link website pembuat template sih tidak masalah, itu atribusi penting dan wajib. Tapi apabila ada link-link lain sebagai link sponsor, dan biasanya merujuk ke website-website tidak relevan, affilasi, dan website yang diragukan kualitasnya, maka ini berbahaya. Jangan coba-coba menghapusnya, karena anda akan melanggar ketentuan pembuat template dan creative commons (attribution) yang digunakan. Lebih baik, jangan pakai templatenya.

Rekomendasi: maskolis.com
Share this post :

Posting Komentar

Orang bijak akan menulis komentar yang baik

Kirim Tulisan

Kirimkan tulisan Anda ke SmileCodes dengan cara

KLIK DI SINI



melalui email dan akan langsung tampil di halaman paling depan setelah melalui tahap moderasi sekitar 1-24 jam kerja.

Terima Kasih
SmileCodes, Inc
 
Support : Papanya Ismah
Copyright © 2013. Smile Codes, Inc - All Rights Reserved
Jalan Teluk Pelabuhan Ratu no. 70B RT. 04 RW. 02
Kel. Arjosari Kec. Blimbing Kota Malang 65126