Membuat Ujian Online dengan Quiz Creator

Sebagai alternative untuk membuat multimedia pembelajaran interaktif selain menggunakan Macromedia Flash adalah menggunakan Power point. Selain mudah dalam pengguaannya dan mudah dipelajari power point juga sudah menyediakan tampilan yang sudah bagus terutama Power Point 2007. Tetapi ada beberapa kelemahan Power Point di banding menggunakan Flash yaitu tidak adanya fasilitas untuk membuat quiz atau evaluasi. Tetapi Hal tersebut saat ini bisa di atasi dengan menggunakan software tambahan pihak ketiga keluaran Wondershare yaitu wondershare Quiz Creator. Software ini meruapakan software berbayar, silahkan download di untuk trial.

 

Instalasi

  1. Klik 2 kali file software quiz creator hingga muncul jendela seperti gambar berikut
    image
  2. Klik Next untuk melanjutkan instalasi kemudian klik “I accept the agreement”
    image
  3. Tentukan lokasi tempat kita menginstall software ini, kemudian klik tombol Next
    image
  4. Pilih opsi seperti pada gambar berikut, kemudian klik Next
    image
  5. Kemudian klik tombol Install higga proses instalasi selesai
    image
  6. Klik tombol Next jika muncul jendela seperti pada gambar berikut
    image
  7. Klik tombol Finish untuk mengakhiri
    image

 

Cara Menggunakan

Dengan QuizCreator, Anda dapat dengan mudah membuat kuis berbasis Flash dan survei dalam beberapa menit. Silahkan ikuti panduan ini langkah-langkah dan menikmati pembuatan kuis Anda.
 

Periksa jenis pertanyaan dalam QuizCreator:



Pertanyaan jenis untuk membuat kuis

Benar atau Salah Choice, Multiple (Jawaban Single), Respon Beberapa (Jawaban Beberapa), Isi, Bank Kosong Matching,, urutan Word, Klik Peta, Esai Pendek

 

Pertanyaan jenis untuk menciptakan survei

Skala Likert, Ya / Tidak, Pilih Satu, Pick Banyak, Jawaban Shot, Matching, Ranking, Yang Firman, dan Esai

Pertanyaan Penciptaan

Kami akan mengambil pertanyaan Pilihan Ganda sebagai contoh untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk membuat pertanyaan untuk kuis. 

1. Membuat pertanyaan Pilihan Ganda
Pilih Pilihan Ganda dalam daftar Pertanyaan Baru dan Anda dapat mengedit pertanyaan di jendela Editing Pertanyaan.
Buat pertanyaan
2. Masukkan pertanyaan di bidang teks pertanyaan
Dengan fitur editing yang kuat, Anda dapat dengan mudah menyisipkan teks, gambar, persamaan, hyperlink dan mengedit font dalam pertanyaan di kolom teks. Dan Anda dapat menyisipkan beberapa catatan tersembunyi sebagai instruksi tambahan untuk pertanyaan ini.
Masukkan pertanyaan
Pertanyaan editing dengan catatan, persamaan dan hyperlink
Selain itu, QuizCreator menyediakan bidang media bagi Anda untuk memasukkan file gambar, audio dan video Masukkan audio -. Anda dapat merekam klip suara, mengimpor file audio atau bahkan mengubah teks pidato untuk pertanyaan Anda Masukkan video -. Anda dapat menyisipkan FLV atau SWF file ke pertanyaan.
Masukkan media
Gambar yang dimasukkan atau video akan ditampilkan di samping pertanyaan dalam kuis diterbitkan, seperti menunjukkan gambar berikut.
Mengedit pertanyaan dengan media
3. Masukkan pilihan dalam bidang teks Pilihan
Masukkan pilihan dalam bidang teks Pilihan dan menandai jawaban yang benar di kolom yang benar. Anda harus memasukkan dua pilihan setidaknya, dan sembilan paling Images,. Persamaan, hyperlink dan mengedit font juga tersedia dalam pilihan.
Jawaban pilihan
4. Mengatur umpan balik untuk pertanyaan pilihan ganda
Anda dapat memberikan beberapa umpan balik interaktif untuk kuis taker ketika mereka menjawab pertanyaan. Pilih jenis umpan balik dari daftar drop-down pada kelompok Feedback.
Anda dapat mengatur pesan umpan balik dengan pertanyaan atau jawaban.
  • Tidak ada: Tidak ada umpan balik kepada pengambil kuis setelah jawaban tersebut diajukan.
  • Dengan Pertanyaan: umpan balik ini didasarkan pada apakah pertanyaan dijawab benar atau tidak.
  • Dengan Jawaban: umpan balik ini didasarkan pada pilihan tunggal jawaban. Kuis taker memilih pilihan yang berbeda dan mendapatkan umpan balik yang berbeda.
Umpan balik pengaturan
Setelah memilih jenis umpan balik, Anda sekarang dapat dimasukkan ke dalam pesan umpan balik untuk pilihan yang benar dan tidak benar di panel Feedback Pertanyaan Pictures, persamaan, dan file audio dapat dimasukkan jika klik tombol More..
Feedback Pengaturan
Percabangan juga tersedia dalam kelompok Feedback. Anda dapat cabang kuis taker untuk pertanyaan yang berbeda berdasarkan tanggapan mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Seperti umpan balik, percabangan juga dapat ditentukan oleh pertanyaan atau jawaban. Ini akan memandu peserta tes untuk "melanjutkan", "finish" atau "lanjutkan ke pertanyaan yang spesifik".
5. Mengatur properti pertanyaan
Untuk membuat tes yang layak, ada beberapa properti seperti tingkat kelulusan, poin, batas waktu, dan banyak lagi yang dapat diatur untuk pertanyaan.
6. Simpan pertanyaan
Setelah Anda selesai mengedit pertanyaan, Anda dapat mengklik OK untuk menyimpan pertanyaan dan menutup jendela Editing Pertanyaan. Juga, Anda dapat mengklik tombol Pertanyaan Baru untuk menyimpan pertanyaan saat ini dan membuat pertanyaan lain Pilihan Ganda.
Semua pertanyaan lain dari kuis dan survei dapat dibuat dengan cara yang sama menambahkan pertanyaan pilihan ganda.

 

Properti

Ada pengaturan yang kuat dan fleksibel termasuk halaman instruksi, melewati tingkat, font dan umpan balik Anda dapat mengatur untuk kuis seluruh. Terlebih lagi, Anda dapat mengacak pertanyaan, dan membuat kuis dengan dilindungi password atau batas domain hosting.
Kuis Properti

 

Pemain Template

Ada banyak template pemain halus termasuk dalam pembuat kuis. Anda dapat pergi ke Template pemain untuk memilih salah satu yang tepat yang sesuai dengan topik kuis Anda. Ada juga beberapa pemain yang populer & tema warna seperti umumnya, pelatihan, pendidikan, dan menyenangkan bagi Anda untuk memilih. Jika Anda ingin menyesuaikan pemutar kuis sendiri, pilihan pengaturan banyak seperti latar belakang, toolbar, ukuran pemutar, label dan tata letak yang tersedia bagi Anda untuk membuat player pribadi. 

Sesuaikan template Anda dengan setup tema, halaman dan efek.
Kuis Template pemutar
Juga, Anda dapat mengatur pilihan tata letak dan tampilan untuk mengatur gaya tata letak, posisi untuk pertanyaan dan media, dan mengatur beberapa tampilan obyek atau tidak.
Kuis tata letak template pemutar

 

Penerbitan

Jika preview kuis puas, Anda bisa pergi ke mempublikasikan kuis. Output kuis dan survei dapat diekspor dengan pilihan berikut: 

Publish kuis ke QuizCreator online . Dan pertanyaan-pertanyaan juga dapat di-upload ke kolam Pertanyaan secara online dilengkapi dengan online QuizCreator untuk menghasilkan kuis online. QuizCreator online akan mengumpulkan hasil dan menghasilkan laporan rinci untuk kuis. 

Unggah Flash diterbitkan kuis ke Web. Dengan cara ini, Anda dapat mengumpulkan hasil dengan email yang ditetapkan. 

Menghasilkan paket SCORM kuis untuk LMS. Mengintegrasikan SCORM / AICC paket kuis dengan LMS Moodle seperti, Blackboard, WebCT SharePoint atau (Tidak tersedia untuk QuizCreator Gratis).
Menghasilkan EXE berdiri sendiri untuk pengiriman CD. 

Ekspor sebagai Word atau file Excel untuk kertas berbasis pengujian.
Mempublikasikan kuis dan survei

 

Berikut contoh yang bisa Anda coba

 http://smkn11mlg.16mb.com/site/quiz.swf


Semoga Bermanfaat
(SmileCodes, Inc)
Share this post :

Posting Komentar

Orang bijak akan menulis komentar yang baik

Kirim Tulisan

Kirimkan tulisan Anda ke SmileCodes dengan cara

KLIK DI SINI



melalui email dan akan langsung tampil di halaman paling depan setelah melalui tahap moderasi sekitar 1-24 jam kerja.

Terima Kasih
SmileCodes, Inc
 
Support : Papanya Ismah
Copyright © 2013. Smile Codes, Inc - All Rights Reserved
Jalan Teluk Pelabuhan Ratu no. 70B RT. 04 RW. 02
Kel. Arjosari Kec. Blimbing Kota Malang 65126